Rabu, 27 Februari 2013

KRISTUS BAGI SELURUH BANGSA

Bacaan Firman
Bacalah Yesaya 42 dengan hati yang berdoa untuk menerima pencerahan dari Allah dalam saat teduh hari ini
Renungan Firman
Kristus yang dinubuatkan oleh para nabi telah datang sebagai Hamba TUHAN yang penuh dengan Roh Allah dan belas kasihan untuk menjadi terang dan keselamatan bagi seluruh bangsa.
Yesaya 42:1-9 menubuatkan tentang Mesias atau Kristus. Mesias adalah Hamba TUHAN yang atas-Nya telah ditaruh Roh TUHAN. Kedatangan Mesias ke dalam dunia telah dinubuatkan dalam Kitab Yesaya ini dengan memberitahukan Siapa Dia dan apa misi-Nya. Mesias melaksanakan misi yang agung untuk menjadi terang bagi seluruh bangsa. Ia menjadi keselamatan bagi bangsa-bangsa. Pelayanan-Nya penuh dengan ketaatan mutlak kepada Allah (42:2). Dia melayani dengan belas kasihan terhadap mereka yang lelah dan terlantar (42:3a). Dia memberlakukan keadilan berdasarkan kebenaran (42:3b). Meskipun tidak berteriak atau menyaringkan suara-Nya, Ia tak pernah pudar dan tak pernah patah terkulai. Pada-Nyalah keadilan Allah dinyatakan dan pada-Nyalah harapan seluruh bangsa.
Pandangan dunia terhadap Kristus berbeda dengan penyataan TUHAN dalam firman-Nya. Dunia memandang Kristus sebagai hanya untuk orang Kristen dan tidak berkaitan dengan dunia, padahal TUHAN telah berfirman bahwa Ia mengutus Mesias bagi seluruh bangsa. Mesias adalah Terang Dunia agar mereka yang buta rohaninya dicelikkan, yang terbelenggu dalam kegelapan menerima terang, dan yang terkungkung dalam penjara dilepaskan dari kuasa dosa. Bukankah kegelapan, kebutaan dan keterbelengguan adalah ciri umat manusia di dunia ini? Tak ada orang yang tidak membutuhkan Mesias. Penderitaan manusia yang paling dalam adalah hidup dalam  kegelapan, kebutaan rohani, dan keterbelengguan oleh dosa. Mesias datang untuk melepaskan penderitaan manusia!
Yesaya 42:3a
“Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, ….”
Praktek
Pencerahan apa yang Anda dapat dari renungan firman Tuhan hari ini? Bagikan pengalaman Anda di komsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar